9 Juli 2017

Indahnya Pantai Carocok di Painan Sumbar

Assalamu'alaikum...

Sahabat Ummi...

Ini masih lanjut yah postingan liburan kemarin :D

Jadi, setelah ke Pantai Padang, kami keesokan harinya pergi ke pantai Carocok di Painan. Dari tempat kami menginap, kurang lebih 2 jam an perjalanan. Kami sempat melewati jembatan Siti Nurbaya. Pagi hari, masih sepi, ada banyak perahu dan kapal yang berlabuh. Pemandangan yang nggak saya temukan di Pekanbaru, begitu juga dengan rumah-rumah penduduk yang tampak di bukit-bukit. Indah... yah, menjadi kesatuan pemandangan yang indaaaah banget.

Lalu, kami juga melewati teluk bayur. Masih pagi, jalanan belum terlalu ramai. Jalan yang kami lalui berada diperbukitan. Pemandangannya MasyaAllah... indah banget, hamparan laut, pepohonan hijau. Cuma yah agak serem juga yah, khawatir kalau hujan takutnya longsor or ada pohon tumbang, hiiiiiy. Tapi, membayangkan keindahan pantai Carocok, rasa takutnya ditahan hahaha...

Sesampainya di pantai Carocok, ternyata eh ternyata udah ramai ajah pemirsah. Maklum, udah hampir tengah hari. O yah, untuk menuju ke lokasi, nggak sulit kok. Ada papan penunjuk arah, trus kalau nggak mudeng juga, plis atuhlah pake GPS ajah :D

Untuk masuk ke lokasi pantai, kita dikenakan karcis per orang sebesar 5.000 rupiah. Lalu, menyusuri jembatan yang panjang dan indah. Kece banget buat foto-foto. Airnya juga jernih banget, karena masih di pinggir pantai. Batu-batu karang, rumput laut, dan beberapa ikan yang tengah berenang bisa terlihat jelas.

Kami lalu menyewa tikar untuk tempat duduk. Anak-anak jelas dong yah udah nggak sabar mau main air. Jadi, Abinya langsung menyewa pelampung, dengan harga 10.000 rupiah. Nah, tempat ini memang pasnya untuk anak-anak. Sedangkan bagi orang dewasa yang ingin mencoba berbagai permainan air, salah satunya seperti banana boat, bisa menyeberang ke pulau kecil di sana, yang bernama pulau cingkuak. Cukup membayar 25.000 rupiah saja untuk dapat sampai ke pulau Cingkuak.

Sahabat Ummi...

Puas bermain air, ganti pakaian, dan makan, kami lalu melanjutkan perjalanan. O yah, seperti tempat wisata lainnya, di sekitaran pantai Carocok ini juga punya fasilitas lengkap, ada penginapan, tempat makan, dan penjualan sauvenir. Anak-anak cuma beli topi di sana, trus pakaian yang ada tulisan pantai Carocoknya gitu :D

Setelah memeriksa semua barang bawaan, kami masuk ke dalam mobil. Bayar parkir sebesar 50.000 rupiah, tujuan kami berikutnya adalah kembali ke Bukit Tinggi. Daaaaaan... ternyata suasana mencekam sempat kami alami juga. Jalanan macet, hujan turun dengan lebatnya, hari mulai gelap, ditambah posisi macet yang lama banget itu pas kami lagi di posisi perbukitan. Dengan pemandangan laut dan jurang. Sepanjang jalan, berdo'a semoga perjalanan kami dimudahkan. Beneran khawatir banget saya kalau sempat terjadi longsor atau pohon tumbang.

Itu tebing yang di bawahnya laut

Alhamdulillah... perjalanan kami di mudahkan. Lewat tengah malam, akhirnya kami sampai juga di Bukit Tinggi. Kembali menginap di rumah orang tua adek ipar saya. Rencananya, esok kami akan kembali ke Pekanbaru, tapi pengen mampir dulu ke lembah Harau, salah satu tempat wisata terkenal di Sumbar. Sayangnya, karena dapat informasi kalau di sana pasti ramai banget. Akhirnya, kami memutuskan untuk ke Istana Pagaruyung saja ^__^